Kamis, 05 April 2012

kegunaan daun sambiloto







manfaat Daun Sambiloto



Ternyata selain untuk prostat, sambiloto bisa juga digunakan untuk berbagai macam penyakit.
nah dibawah ini akan di jabarkan sedikit apa itu Sambiloto dan manfaatnya yang dikutip dari situs kambing.ui.ac.id

Tanaman obat ini termasuk familia Acanthaceae. Tanaman sering ditemukan tumbuh liar di tempat terbuka, seperti tepi jalan, ladang, atau tanah kosong yang terbengkelai, juga di pekarangan. Daerah penyebarannya dari dataran rendah sampai ketinggian 700 m di atas permukaan laut.



Untuk pengembangbiakannya cukup mudah, petik buah yang sudah tua, ambil bijinya, dan semaikan.
Nama lain : papaitan (Sumatera), ki oray, ki peurat, ki ular, takilo, bidara, sadilata, sambilata, takila (Jawa)

Tanaman ini mengandung : Laktone: deoxy-andrographolide, andrographolide, 14-deoxy-11, neoandrographolide, 12-didehydroandrographolide, dan homoandrographolide. Flavonoid: alkane, ketone, dan aldehyde.

Kegunaan :

Tipus: Petik 10-15 lembar daun sambiloto segar. Tambahkan air secukupnya dan rebus hingga mendidih. Untuk mengatasi rasa daun yang amat pahit, sewaktu meminum dapat dicampur dengan madu.

TBC paru-paru: Daun sambiloto segar dikeringkan, lalu digiling halus hingga menjadi bubuk. Setelah itu, ditambah sedikit madu dan dibuat bulatan-bulatan pil berdiameter sekitar 0,5 cm. Sebaliknya pil ini diminum dengan air matang 2-3 kali sehari. Sekali minum dapat 15-30 pil.

Batuk rejan atau pertusis: Tiga lembar daun sambiloto diseduh dengan air panas dan tambahkan sedikit madu. Minum larutan ini 3 kali sehari.

Kencing nanah: Petik 3 batang sambiloto berikut daun-daunnya. Cuci bersih lalu rebuslah dengan 4 gelas air minum hingga tersisa 2,25 gelas saja. Dinginkan air terlebih dahulu, baru disaring. Jika hendak diminum tambahkan madu seperlunya. Lakukan 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.

Demam: Daun sambiloto segar ditempelkan ke badan atau dahi penderita.

Penambah nafsu makan: Siapkan daun sambiloto 10 helai. Selain itu, siapkan pula kulit dan batang tanamannya sebanyak 50 g. Bahan-bahan ini dicuci hingga bersih, kemudian rebus dengan 3000 cc air. Airnya cukup diminum segelas sehari. Untuk menghilangkan rasa pahit dapat ditambahkan sedikit madu.

Hidung berlendir, sakit gigi: Sebanyal 9-15 g tanaman segar direbus dan lainnya diminum. (2)

Obat tetes telinga: Tanaman segar dilumatkan dan diperas airnya. Teteskan air tersebut ke telinga

            Bahkan Pemanfaatan daun sambiloto juga bisa sebagai penghasil energi listrik didasarkan pada prinsip baterai. Tanaman yang berkhasiat memperbaiki fungsi hati ini memiliki sifat elektrolisis. Sebanyak 1 kg daun sambiloto ditumbuk dan diblender agar didapatkan ekstraknya. Hasil tumbukan tersebut dicampur dengan 2,5 liter air murni atau aquades. Hasilnya adalah tiga liter baterai cair daun sambiloto.
Hasil uji menunjukan baterai cair hasil ekstrak daun sambiloto yang terdiri dari 6 buah sel menghasiilkan tegangan 2,5 Volt dan mampu menyalakan lampu berdaya listrik 0,72 Watt. Setiap sel baterai berisi 500 ml dan dipasang elektroda yang terbuat dari pelat dan seng dan tembaga. Ekstrak daun sambiloto tersebut mampu menyalakan lampu 5 watt selama satu bulan penuh, namun membutuhkan 16 liter ekstrak daun sambiloto.
Sama halnya dengan baterai pada umumnya, baterai cair ekstrak daun sambiloto membutuhkan pemeliharaan untuk menanggulangi penurunan kinerja. Baterai daun sambiloto perlu ditambahkan ekstrak daun sambiloto agar baterai mampu kembali ke performa semula.
Bila masih ragu bisa anda buktikan…

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar