Kamis, 05 April 2012

Cara pembuatan jamur tiram


Cara pembuatan media tanam jamur tiram



1.SERBUK KAYU
            Bahan utama pembuatan media tanam jamur adalah serbuk kayu. Serbuk kayu yang paling baik di gunakan adalah serbuk kayu yang lunak seperti serbuk kayu pohon Sengon dll. Sedangkan ada juga serbuk kayu yng tidak bisa digunakan adalah serbuk kayu yang keras seperti serbuk kayu ulin dan pinus.
      2.­­ PENAKARAN
Media tanam yang telah siap digunakan ditakar sesuai dengan kebutuhan. Biasanya mengunakan krangjang setiap 1 krangjang 20 kg

      3. PENIMBANGAN BAHAN TAMBAHAN
Bahan tambahan pembuatan media tanam jamur meliputi kapur bangunan dan bekatul. Fungsi kapur untuk menetralkan keasaman dan fungsi bekatul merupakan pupuk jamur.contoh : setiap 100 kg serbuk pohon di campur 12 kg bekatul dan kapur 3 kg

      4. PENCAMPURAN
Bahan tambahan seperti bekatul dan kapur di campur dahulu supaya rata, Setelah rata taburkan keatas serbuk kayu yang sudah di siapkan.

      5. PENGADUKAN MEDIA TANAM
                        Bahan dari ketiga jenis tersebut di campur menjadi satu mengunakan sekop supaya rata.

      6. PENGEPAKAN
Media tnam yang telah di campur lalu di kemas mengunakan plastic PP ketebalan 0,5 mm lebar 20 cm panjang 35 cm
  
      7. PEMADATAN
Media tanam yang telah di kemas lalu di padatkan mengunakan press supaya kepadatan merata. Biasanya berat setiap kantong plastic 1 kg hingga 1,3 kg.

     

      8. PEMBERIAN CINCIN
Setelah proses pengepresan selesai  lalu di beri cicin berfungsi untuk tempat bibit jamur. Cincin ini bisa dibuat sendiri yaitu dengan menggunkan pralon dengan panjang 4 cm.

      9. PENYUMBATAN DENGAN KAPAS
Penyumbatan ini berfungsi untuk menutup bibit jamur  yang sudah dimasukkan bibit jamur dan sebagai filter
    10. PENUTUPAN
Setelh media tanam di beri kapas kemudian ditutup menggunakan plastic dan di ikat karet. Tujuan penutupan ini supaya waktu sterilisasi  media tidak kemasukan air.

    11.STERILISASI
Tujuan sterelisasi adalah untuk mematikan jamur liar di dalam media tanam dan mematikan bakteri. Suhu sterelisasi 100 – 110 `c selama 10 jam.

    12. PENDINGINAN
 Setelah sterelisasi media tanam di dinginkan di udara luar sekitar 12 jam

    13. PEMBIBITAN
Pilih bibit yang unggul . Sebelum melakukan penebarn bibit tangan harus dicuci dengan alcohol serta ujung botol dibakar dengan lampu sepritus. Kemudia ambil bibit dengan sumpit stenlis lalu tuangkan kemedia jamur lalu tutup kembali cicin yang dibuka tadi.



***Selamat mencoba dan semoga berhasil***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar